Tips Agar Tidak Terlalu Sering Membeli Buku

 Tips Agar Tidak Terlalu Sering Membeli Buku

Tips Agar Tidak Terlalu Sering Beli Buku


Banyak banget dari kita yang ternyata seringkali gak bisa menahan diri untuk sejenak rehat dari rutinitas membeli buku, apalagi kalo banyak diskon seperti saat ini. Beberapa bulan belakangan ini, aku merasa bahwa diskon buku berhamburan dimana-mana, dan sebagai salah satu manusia yang memiliki ketertarikan terhadap buku, aku pribadi rasanya gak bisa nahan. Ingin selalu beli, beli, dan beli lagi.

Di tulisan kali ini, aku akan membagikan beberapa tips ala-ala agar kita tidak terlalu sering membeli buku. Hal yang sedang aku terapkan juga kepada diriku. Mulai sedikit berhasil. Walaupun bukuku masih sedikit, tapi akhir-akhir ini aku merasa terlalu sering membeli buku, jadi aku memutuskan untuk sedikit mengurangi rutinitas itu. Jika kalian memiliki permasalahan yang sama, yuk simak tips agar tidak terlalu sering membeli buku ala diriku di bawah ini, ya!

1.     1.  Ingat buku-buku yang belum kamu baca

Ini dia tips pertama. Ingat buku-buku yang belum kamu baca, dengan begitu kamu akan berpikir bahwa jika kamu terus membeli buku dan menumpuknya, semakin lama tumpukan itu akan semakin tinggi dan kamu malah kewalahan sendiri. Semoga dengan mengingat hal ini, kamu bisa berhenti sejenak dari rutinitas yang sesungguhnya memang sangat menyenangkan. Alangkah lebih baik apabila kamu memutuskan untuk membaca terlebih dahulu timbunanmu sebelum membeli buku baru. Menurut pengalamanku, ketika aku terus menerus membeli buku sebelum menyelesaikan buku yang sudah kubeli sebelumnya, aku malah kesulitan untuk menyelesaikan buku tersebut, kenapa? Karena tergoda ingin membaca buku yang baru, hehe. Coba bayangkan jika kamu terus menerus membeli buku, bisa-bisa semua bukumu gak selesai dibaca. Tips ini mungkin tidak berlaku untuk kaum-kaum pembaca yang konsisten, tapi sangat berlaku untuk pembaca labil sepertiku.

 

2.    2.   Ingat tabunganmu yang sudah menipis

Nah, ini perlu banget! Jangan sampai tabunganmu untuk kebutuhan-kebutuhan mendesak jadi diambil alih oleh hasrat belanja bukumu yang semakin hari semakin tinggi. Tips ini memang gak begitu memberikan efek bagi anak sultan, tapi percayalah ini sangat penting bagi kita semua. Bagi sebagian orang, buku memang sudah dimasukkan ke dalam daftar kebutuhan pokok, tapi meskipun begitu, gak baik juga kalo kita harus sampai menguras tabungan hingga tetes terakhir demi memuaskan keinginan kita untuk membeli buku. Sewajarnya saja ya, kawan. Tabunganmu jangan sampai terkuras habis. Ingat, kita itu manusia yang banyak kebutuhannya.

 

3.    3.   Jangan mudah tergiur diskon

Sulit, sulit sekali. Aku tahu rasanya ketika melihat diskon bertebaran, bawaannya ingin langsung meluncur memborong semua buku-buku yang diskon itu. Namun, jangan sampai kalap keterlaluan ya, kawan. Gak bisa dipungkiri bahwa ketika melihat diskon buku yang sangat amat mantap alias jauh banget dari harga normalnya kita pasti akan tergiur. Hal itu membuat kita jarang berpikir panjang, lalu tanpa sadar sudah check out saja. Memang kelihatannya itu hal biasa, tapi pernah gak sih kalian membeli buku yang sebenarnya gak kalian inginkan hanya karena tergiur diskon yang membuat harga buku jadi murah tak tertahankan? Kalo pernah, tips ini wajib kamu terapkan. Kalo tidak, kamu hebat dapat menahan godaan sebesar ini. Sayang ‘kan kalo ujung-ujungnya buku itu hanya jadi pajangan~

 

Itulah tiga tips ala-ala yang sedang berusaha aku terapkan dalam kehidupanku. Nah, semoga tips ini juga berguna untuk kalian, ya! Tips-tips ini muncul dari pengalamanku sendiri. Barangkali ada dari kalian yang juga merasa terlalu sering membeli buku dan mulai merasa tidak nyaman dengan rutinitas itu, kalian bisa coba tips ala-ala ini. Semoga berhasil!

0 Comments