Tiga Alasan Mengapa Harus Menulis Ulasan Buku

Tiga Alasan Mengapa Harus Menulis Ulasan Buku

 

Tiga Alasan Mengapa Harus Menulis Ulasan Buku

Hai, selamat pagi, siang, sore, malam!

Kali ini aku bakal membahas alasan mengapa kita harus menulis ulasan buku. Langsung saja baca tulisan di bawah ini, yuk!


1.      Agar Tidak Lupa Apa yang Kita Baca

Aku adalah salah satu manusia yang dengan mudahnya dapat melupakan hal-hal yang harus diingat dan mengingat hal-hal yang harus dilupakan, oleh sebab itu aku tergerak untuk mulai membuat ulasan. Mungkin ulasanku masih acak-acakan, tidak jelas dan berbelit-belit, tapi setidaknya jika suatu saat nanti aku lupa dengan cerita apa yang telah aku baca, aku bisa kembali membaca ulasan yang kutulis tersebut dan perlahan-lahan mengingatnya. Aku sendiri tidak mengerti kenapa aku bisa menyukai suatu buku, tapi lupa kejadian-kejadian di dalamnya. Yang kuingat hanya sebatas perasaan ketika aku membacanya, ada yang sama?

Nah, dari situ aku memutuskan untuk menulis ulasan sederhana.

Tips ini bisa dicoba untuk kalian yang memiliki permasalahan yang sama denganku

 

2.   Untuk Melatih Diri Kita dalam Menyampaikan Informasi Lewat Tulisan

Poin dua ini sangat berguna lho untuk keterampilan menulis kita. Walaupun tulisanku masih tidak jelas, tapi dengan cukup sering menulis ulasan buku, aku mulai terbiasa untuk menyusun kata-kata. Aku yakin, kita pasti pernah memiliki ide yang bagus di kepala tapi ketika berusaha menuliskan ide tersebut, kata-kata seakan tidak mampu menjabarkannya. Kita bingung apa yang harus kita tulis, nah karena itulah dengan sering menulis ulasan buku kita akan lebih sering juga menuangan pemikiran atau informasi yang kita dapatkan dari buku tersebut ke dalam kata-kata, sehingga kita akan mulai terbiasa untuk menuangkan apa yang ada di dalam pikiran ke dalam sebuah tulisan. Kalo kata orang-orang sih, bisa karena terbiasa, hehe.

 

3.   Untuk Merekomendasikan Buku Kepada Orang Lain

Kalo sudah selesai membaca buku bagus, gak rela ‘kan kalo orang lain gak dikasih tahu? Buku bagus harus dibaca oleh lebih banyak orang, oleh karena itu, salah satu cara untuk merekomendasikan buku bagus adalah dengan menulis ulasan tentang buku tersebut, lalu kamu bagikan di goodreads, blog, instagram, facebook, dan sebagainya. Orang-orang akan membaca ulasan tersebut dan menjadi tertarik untuk ikut membaca buku bagus itu. jadi semakin banyak yang tahu deh. Aku juga merupakan salah satu orang yang suka mencari rekomendasi buku dari ulasan orang lain dan aku juga mudah sekali tergoda dengan buku-buku yang diulas orang lain, apalagi jika ia berkata bahwa buku tersebut bagus. Secara tidak langsung,  hal itu berarti membuat kita ikut membantu orang lain dengan memberikan informasi yang mereka butuhkan.

 

Itulah tiga alasan mengapa kita harus menulis ulasan buku. Selain dapat membantu diri kita sendiri, hal itu juga dapat membantu orang lain, lho! Yuk, habis baca langsung menulis ulasan dan membagikannya kepada teman-teman.

Semoga tulisan ini bermanfaat, ya!

Sampai jumpa di tulisan-tuisan lainnya!

0 Comments