Mengenal Kepribadian INFP

Kali ini aku akan membahas tentang MBTI, terutama kepribadian INFP. 



Aku tidak suka basa-basi, tapi untuk kali ini aku merasa bahwa hal itu perlu. Aku mulai tertarik dengan tipe kepribadian dari saat duduk di bangku SMP dan mulai mengenal MBTI dari awal masa SMA. Dari situ aku mencoba melakukan beberapa kali tes MBTI di situs yang berbeda dan dalam jangka waktu tertentu. Nah, yang membuatku menulis topik ini adalah karena hasil tesku selalu INFP! Hmmm, sepertinya aku memang manusia tipe ini. Terakhir kali aku melakukan tes ini beberapa hari lalu dan hasilnya masih sama. 

Yap, INFP! 

Entah sudah berapa puluh kali, masih tetap INFP. 

Sebenarnya aku sudah lama ingin membahas tentang Kepribadian INFP ini, namun karena hal ini membutuhkan data, jadi aku memutuskan untuk menggali dulu informasi dari berbagai sumber. Namun, di sini aku tidak akan bergantung hanya pada informasi yang aku dapat, tetapi aku juga akan menuliskan pengalaman-pengalaman dan segala perasaanku yang aku rasa memiliki kaitan erat dengan kepribadian INFP ini.

Kalimat pembuka yang cukup panjang.

Oke, mulai...

Apa sih INFP itu?

Dilansir dari idntimes.com INFP merupakan salah satu dari 16 Tipe Kepribadian berdasarkan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). INFP sendiri merupakan singkatan dari Introvert (I), Intuitive (N), Feeling (F), dan Perceiving (P). Pemilik kepribadian ini cukup langka yaitu sekitar 4%-5% populasi yang ada di dunia. Tipe kepribadian ini sering juga disebut The Idealist, The Healer, The Dreamer, The Mediator, The Paradox, dan sebagainya.

Nah, itulah sekilas pengenalan tentang INFP.
 
Oh ya, untuk mengetahui tipe kepribadian kalian bisa dilakukan  di 16personalities.com 

Apakah hasil tes MBTI itu akurat? 

Aku belum menemukan apakah MBTI ini akurat atau tidak, tapi sejauh ini aku merasa cocok dengan penjelasan-penjelasan tentang kepribadian INFP. MBTI sendiri merupakan suatu tes untuk mengetahui kepribadian yang sangat populer dan banyak digunakan. Menurutku hasilnya 98% akuraaat! Bisa dibandingkan sendiri ya, apakah tipe kepribadian yang kamu dapat dan dirimu itu cocok atau tidak. Kembali lagi kepada masing-masing individu. Jadi, tulisan ini hanya sebagai gambaran umum untuk selangkah lebih mengenal dirimu sendiri, karena MBTI sendiri penuh dengan pro dan kontra, jadi jangan terlalu dianggap serius. Ambil sisi positifnya saja, ya! 

Oke, lanjuuut...

Aku sendiri adalah seorang INFP-T atau biasanya disebut The Mediator. INFP sendiri terbagi dua, yaitu INFP-T dan INFP-A, untuk lebih jelasnya bisa search ya wkwk. Nah, INFP sendiri merupakan suatu kepribadian yang agak aneh dan kacau menurutku. Dari berbagai sumber yang aku baca, para INFP termasuk aku sendiri seringkali disalahpahami oleh orang lain (agak menyebalkan memang, hmmm). Sebenarnya kami punya alasan tersendiri mengapa INFP terkadang menjadi sosok yang berbeda. 

INFP itu dianggap sebagai pribadi yang tertutup dan pendiam, tetapi di balik itu semua sebenarnya INFP akan menjadi orang yang begitu terbuka kepada orang-orang tertentu yang membuatnya merasa nyaman. Bahkan, ketika berada di sekitar orang-orang yang membuatnya nyaman INFP gak pernah kehabisan topik obrolan, lho! Hal-hal sekecil dan sereceh apapun akan diutarakan. Ya, walaupun cuma sekedar manggil-manggil nama lawan bicara dengan sangat tidak jelas. Hal itu dilakukan INFP agar pertemuan mereka hangat dan bermakna, bukan sekadar pertemuan yang akan dilupakan kemudian. 

Para INFP juga memiliki banyak hal yang sangat berdesakan di dalam pikirannya dan terkadang hal itu cukup sulit diutarakan. Jadi, mohon maaf apabila INFP mengajakmu berbincang tentang hal-hal aneh, seperti alien dan lain-lain. Namun, percayalah bahwa ketika INFP menawarkan topik yang tidak biasa dalam obrolan, ia memang benar-benar tertarik dengan topik tersebut.  Sebetulnya kami adalah makhluk-makhluk tidak jelas dengan pikiran-pikiran yang tidak jelas juga. Namun, ketidakjelasan itulah yang membuat aku sendiri merasa nyaman dengan diriku. 

INFP juga sangat menyukai segala sesuatu yang harmoni dan paling benci dengan konflik. Itulah mengapa INFP jarang marah dan lebih memilih untuk mengalah walaupun bukan dia yang salah. Dan, INFP ini selalu melihat orang dari sisi baiknya, heran. Namun INFP juga sangat sensitif dan tidak suka akan kritikan. 

Hal lainnya tentang INFP adalah sangat tertarik pada seni. Aku sendiri cukup tertarik dengan sastra, fotografi, lukisan, dan musik. Walau menyukai hal tersebut tapi aku payah dalam melukis dan segala hal tentang musik. Sastra dan fotografi pun masih hancur wkwk, tapi aku tetap menyukai hal-hal tersebut. Menurutku seni itu serupa obat yang menyembuhkan jiwa. INFP senang sekali berimajinasi dan memiliki rasa penasaran yang besar, serta biasanya lebih senang mengungkapkan perasaan dengan tulisan. 

Orang-orang dengan kepribadian INFP sendiri sangat peduli dan memikirkan setiap perkataan orang lain padanya. Jadi, kalo ada perkataan orang yang bikin aku seneng atau sedih pasti selalu terngiang di telinga. Kadang bisa membuat semangat, kadang membuat jadi serba salah juga. Meskipun demikian, INFP adalah pribadi yang lebih memilih sesuatu sesuai dengan selera dan standarnya sendiri daripada mengikuti tren atau ikut-ikutan orang lain. 

Sebagai idealis INFP adalah pribadi yang sangat sulit mengambil tindakan, karena ia punya standar yang tinggi. Hal ini terkadang membuat gagasan-gagasan INFP yang membludak tidak bisa dieksplor dengan baik. Namun, di balik itu semua INFP juga mempunyai spontantitas yang cukup baik. Dengan spontanitas inilah aku merasa banyak terbantu. Saking spontanitasnya aku sampai tidak menyukai jadwal. Sebab, hal-hal yang dijadwalkan selalu tak terlaksanakan, tapi hal-hal yang tidak pernah terpikirkan selalu dilakukan. 

Dan yang terakhir, INFP itu senang diperhatikan tapi tidak suka menjadi pusat perhatian. Bisa merasa optimis dan pesimis dalam waktu bersamaan. Nah, lho... mungkin itulah mengapa INFP dijuluki The Paradox, ya! Hidupnya penuh dengan sisi-sisi yang bersebrangan alias bertolak belakang. Tentunya, hal ini membuat INFP akan sulit dipahami oleh orang lain, bahkan oleh dirinya sendiri. 

Nah, sekian pembahasanku tentang INFP. 
Unik dan aneh banget ya INFP! 

Mohon koreksinya bila ada kekeliruan, ya.

Sebagai penutup ada quotes niiih,

Cintai seperti apapun diri kamu, baik-buruk dan segala yang melekat pada diri kamu adalah anugrah terbaik yang membuatmu unik! 

0 Comments