Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Membaca

Seberapa sering sih kalian merasa jenuh saat membaca buku? Sepertinya hal itu adalah musuh utama bagi para pembaca ya. Akhir-akhir ini aku lagi berada di posisi ini nih. Posisi yang cukup menyiksa banget huhu. Bayangin aja, kamu lagi baca buku, tapi tiba-tiba ngerasa males dan hilang mood gitu aja. Gak bisa fokus membaca cerita, apalagi menikmatinya. Kesel gak si?

Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Membaca


Sejujurnya, hal kecil yang terkesan remeh seperti ini tuh gak baik jika dibiarkan begitu saja. Bisa-bisa kita malah kehilangan minat membaca dalam jangka waktu lama. Nah, oleh sebab itu di bawah ini aku akan menuliskan beberapa cara yang dapat kita lakukan jika kita sedang terjebak dalam masalah ini. 

1. Memberi Jeda Untuk Membaca

Jika kalian sedang berada di posisi ini, sebaiknya hal pertama yang kalian lakukan adalah dengan memberikan jeda waktu untuk membaca. Jangan dipaksakan dulu, ya, gak baik. Beri jeda beberapa hari atau sekitar satu minggu untuk mengistirahatkan pikiran kalian. Selain itu, ketika kalian memutuskan untuk kembali melanjutkan rutinitas membaca, jangan lupa untuk memulainya secara perlahan ya. Mungkin jika biasanya kalian bisa menghabiskan waktu lebih dari tiga jam untuk membaca buku, sekarang kurangi durasinya, sekitar tiga puluh menit sampai satu jam saja misalnya.

2. Mengubah Suasana Membaca

Langkah selanjutnya yang harus kalian tempuh adalah dengan mengubah suasana baru ketika membaca buku. Agar mood membaca kalian dapat membaik, gak ada salahnya untuk mencoba suasana membaca yang baru. Kalian bisa membaca di tempat-tempat yang belum pernah kalian gunakan untuk membaca buku. Misalnya saja kalian biasanya membaca buku di kamar, coba deh sekali-kali kalian membacanya di halaman rumah sambil ditemani kicauan merdu dari burung. Kalian juga bisa pergi ke tempat-tempat umum yang cocok untuk membaca buku, contohnya ke kafe atau taman.

3. Baca Ulang Buku Kesukaanmu

Ini adalah salah satu cara yang paling cocok denganku. Biasanya ketika aku mulai kehilangan gairah dalam membaca buku, aku akan langsung menyisihkan buku yang sedang kubaca dan beralih kepada buku-buku kesukaanku. Membaca ulang buku kesukaanmu akan mengingatkanmu kembali pada sebuah perasaan bahagia ketika kamu membaca. Dengan begitu semangat membacamu akan kembali membara.

4. Ganti Genre

Rasa jenuh ketika membaca mungkin saja datang gara-gara kamu membaca genre yang tidak terlalu kamu sukai. Oleh sebab itu, kamu merasa tidak dapat menikmati ceritanya karena belum terbiasa. Atau bisa jadi sebaliknya, kamu hanya berkutat di genre yang kamu sukai, lalu tiba-tiba mulai merasa bosan dengan genre yang itu-itu saja. Nah, kalo sudah gini, jangan ragu buat ganti genre ya.

5. Menulis

Kok nulis? Iya serius, nulis! Mungkin karena terlalu banyak mendapatkan informasi dari membaca, pikiran kita menjadi kewalahan untuk mengolahnya, karena informasi tersebut tumpang-tindih di pikiran. Dengan menuliskan informasi yang kita dapatkan dari membaca, maka beban dalam pikiran kita akan sedikit berkurang karena sebagian beban tersebut sudah dituangkan ke dalam tulisan. Nah, dengan begitu pikiran kita akan siap kembali menerima informasi baru dari bacaan baru kalian. 

Itulah beberapa cara mengatasi kejenuhan saat membaca ala diriku, semoga bisa membantu kalian yang juga sedang berada dalam fase menyakitkan ini huhu. Jika ada tambahan boleh dibagikan ke aku juga, ya! 

Happy Monday!


0 Comments