Bahas Bahasa Cinta (5 Bahasa Cinta)

Bahas Bahasa Cinta


Bahasa Cinta


Kamu pernah gak sih merasa gak dimengerti? Atau... merasa gak bisa mengerti seseorang? 

Hmmm, itu bukan salah kamu, bukan juga salah seseorang yang tidak bisa mengerti kamu. Itu semua terjadi karena bahasa cinta kalian yang berbeda. 

Bahasa cinta?

Yap, bahasa cinta! Dikutip dari kelascinta.com menurut Dr. Gary Chapman, bahwa cinta digolongkan menjadi lima. Bahasa cinta cinta adalah cara orang mengekspresikan perasaan cintanya pada orang lain, dan bila cara tersebut dilakukan oleh pasangan atau orang-orang yang ia cinta, maka akan membuatnya merasa sangat dicintai. 

Oh ya, aku membahas bahasa cinta karena membaca tentang hal ini di instagram stories-nya Kak Seruni Puti, dan aku sangat merasa tertarik dengan pembahasan ini karena sering kali merasa tidak dimengerti wkwk. Terima kasih Kak Seruni, aku jadi lebih mengerti mengapa aku merasa tidak dimengerti wkwk.

Nah, sebelum menuntut orang lain untuk memahami diri kita, ada baiknya kita harus mengenal diri sendiri karena setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda. Setiap manusia memang memiliki kelima bahasa cinta ini, tapi dari kelima bahasa cinta tersebut ada bahasa yang paling utama atau dominan yang paling menentukan bahasa cinta kita.

Di bawah ini adalah daftar lima bahasa cinta. Kamu yang mana?

1. Words of Affirmation 

Dalam bahasa cinta ini tindakan tidak lebih penting daripada kata-kata. Jika ini adalah bahasa cinta yang ada pada diri kamu, kamu pasti akan lebih senang diberi pujian atau kata-kata yang membuatmu merasa bahagia dan bersemangat. Mendengar seseorang mengatakan, “Aku cinta kamu.” adalah salah satu hal yang membuatmu bahagia, terlebih ketika kamu mendengar alasan seseorang mencintaimu, rasanya seperti terbang ke langit. Pokoknya, kata-kata adalah segalanya untukmu. Begitu pun sebaliknya, jika ada kata-kata seseorang yang melukai perasaanmu, kamu tidak akan pernah melupakannya. Kamu sangat menyukai kata-kata yang bersifat membangun.

Aku sendiri adalah salah satu manusia dengan bahasa cinta utama seperti ini. Dan yap, aku merasa ini sangat cocok dengan diriku.

2. Quality Time

Selanjutnya, yaitu quality time yang berarti menghabiskan waktu atau melakukan kegiatan bersama. Orang dengan bahasa cinta seperti ini pasti akan sangat senang berada di dekat orang-orang yang dicintai dan melakukan hal-hal menyenangkan bersama. Misalnya jika kamu senang berpetualang, maka berpetualang bersama orang-orang tersayang akan membuatmu merasa sangat dicintai. Kamu sangat menikmati waktu-waktu di mana kebersamaan kalian berjalan tanpa gangguan apapun.

3. Receiving Gifts

Kamu merasa sangat bahagia ketika seseorang memberikan hadiah atau ketika dirimu sendiri memberikan hadiah kepada orang lain?

Hadiah-hadiah apapun akan sangat berarti untuk kamu. Ketika seseorang memberi kamu hadiah sekecil apapun, itu akan membuatmu sangat, sangat, sangat bahagia. Kamu juga akan dengan senang hati memberikan hadiah-hadiah kepada orang-orang yang kamu cintai. Bukan lewat kata, bukan lewat jumpa, tapi lewat hadiahlah kamu dapat merasa sangat bahagia.

Bahasa cinta dominan keduaku adalah ini. Suka sekali setiap menerima hadiah, walaupun isinya hal-hal gak penting atau makanan ringan. Asal dikemas dalam bentuk hadiah, jadi istimewa wkwk. Dan memberikan hadiah adalah salah satu hal yang aku suka. Apalagi pas bagian memilih bungkus hadiah dan menulis pesan buat si penerimanya.🙈

4. Act of Service

Kamu suka dilayani? 

Jika iya, bahasa cinta utama pada dirimu adalah Act of Service. Kamu akan merasa sangat dicintai ketika seseorang memberikan pelayanan untukmu. Misalnya membukakan pintu untukmu, membantumu mengerjakan sesuatu, dan sebagainya. Kamu juga akan sangat senang untuk menawarkan bantuan kepada orang-orang terkasih. Usaha adalah hal yang paling penting untukmu.

5. Physical Touch 

Kamu suka ketika seseorang memegang tanganmu? Mengelus rambutmu? 

Bisa jadi bahasa cintamu adalah Physical touch. Dalam hal ini sentuhan fisik yang dimaksud adalah berpelukan, bergenggaman tangan, dan sebagainya. Misalnya jika kamu melihat adikmu menangis, maka kamu akan secara otomatis mengelus-ngelus kepalanya. Kamu juga sangat menyukai ketika seseorang melakukan hal tersebut padamu, misalnya jika kamu merasa sedih dan orang tuamu memelukmu maka hal itu membuatmu merasa sangat berarti dan dicintai. 


Mana yang paling sesuai denganmu? 

Kamu juga bisa mengetahui bahasa cintamu dengan melakukan tes di www.5lovelanguages.com

Jika kamu sudah tahu, maka kamu tidak akan mudah lagi merasa terabaikan atau tidak dimengerti karena kamu tahu bahwa setiap orang memiliki bahasa cintanya tersendiri dan kamu juga akan dapat mengerti orang-orang yang kamu cintai (walaupun tidak mudah, huhu).

Nah, sekian pembahasan tentang bahasa cinta kali ini. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi, ya! :)


0 Comments