Manfaat Membaca Buku Fiksi

 Apa sih yang selama ini kita dapatkan dari membaca buku fiksi? Membaca buku fiksi sebenarnya bermanfaat atau engga sih? 

Manfaat Membaca Buku Fiksi


Kalian pernah memikirkan pertanyaan-pertanyaan di atas? Atau mendengar seseorang mengatakan hal tersebut? Hmmm, pasti pernah, kan? setidaknya, mungkin hal itu pernah terlintas di benakmu. Ya, kan? (maksa banget, wkwk).

Oke, langsung aja kita bahas, ya. 

Jadi, membaca buku fiksi juga memiliki manfaat yang luar biasa, lho! Mau tahu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca buku fiksi? Yuk, baca tulisan di bawah ini!

1. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Membaca buku fiksi ternyata dapat meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, lho! Iya, dengan membaca secara tidak langsung kosakata kita juga akan bertambah. Hal itu tentu saja membuat kita mampu untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan dengan kata-kata yang tepat. Setidaknya dapat menghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

2. Membuat Imajinasi Semakin Berkembang

Poin ini sudah gak diragukan lagi. Orang-orang yang senang membaca buku fiksi biasanya akan memiliki imajinasi yang sangat luar biasa. Hal-hal menakjubkan biasanya hidup di kepalanya. Kenapa bisa demikian? Karena kita sudah banyak membaca dan membayangkan hal-hal menarik dari buku yang kalian baca. Gak heran deh kalo banyak penulis hebat adalah pembaca yang hebat juga.

3. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Melatih fokus dan konsentrasi? Yap, karena ketika membaca buku fiksi kita akan mudah terhanyut dalam cerita yang kita baca. Bahkan, rasanya seperti tersedot ke dunia lain. Makanya, kadang kalo kita memanggil seseorang yang sedang membaca dia gak langsung menyaut, ya, karena dia hanya terfokus pada bacaannya saja. Itulah sebabnya mengapa fokus dan konsentrasi kita dapat meningkat, yaitu karena kita mudah hanyut ke dalam jalan ceritanya.

4. Menjadi Lebih Mengerti Dirimu

Dengan membaca buku fiksi, kita akan mengenal banyak sekali karakter, kita juga akan dihadapkan pada sifat tokoh-tokoh tersebut, berbagai pemikirannya, dan banyak lagi hal lainnya. Tentu saja hal itu dapat membuat kita menjadi mengenal diri kita sendiri, karena dalam setiap untaian kata yang kita baca terkadang kita merasa bahwa kalimat atau cerita tersebut sangat sesuai dengan diri kita, tak jarang juga ketika membaca sebuah buku kita merasa bahwa kita telah dimengerti.

5. Menambah Ilmu Pengetahuan

Nah, siapa bilang bahwa membaca buku fiksi hanya buang-buang waktu saja? Gak begitu, lho! Kenyataannya membaca buku fiksi juga bisa membuat otak kita semakin berisi. Banyak sekali penulis yang menyampaikan pengetahuan-pengetahuan lewat cerita yang mereka tulis, sehingga tanpa disadari kita telah mempelajari suatu hal yang baru. Berdasarkan pengalaman pribadi, aku juga sering mendapat pengetahuan dari membaca buku fiksi. Sangat, sangat membantu banget bagiku. Menurutku, salah satu cara terbaik untuk mempelajari atau mengajarkan sesuatu memang lewat cerita. Hal itu dikarenakan biasanya cerita memberikan kesan tersendiri bagi si pembaca, sehingga akan mudah dicerna dan tak mudah lupa. 

6. Sarana Hiburan

Kalo yang ini sih sudah gak diragukan lagi. Membaca buku memang dapat menjadi hiburan yang lebih menyenangkan daripada hal-hal menghibur lainnya. Ketika sudah hanyut dalam buku yang kita baca, rasanya sangat menyenangkan dan stres pun menghilang. Menghibur banget pokoknya.


Manfaat membaca buku fiksi ternyata banyak juga, ya? Apa pendapat kalian tentang manfaat membaca buku fiksi? 

Semoga bermanfaat, ya!

Sampai jumpa! 


0 Comments