Cara Membedakan Buku Asli dan Bajakan

Untuk kalian yang sering beli buku, coba cek rak bukunya, apakah ada buku bajakan yang nyempil di sana? Kalo ada buruan hempaskaaan! Wkwk. Eh, sebelum cek buku-buku kalian, tahu gak sih bedanya buku asli sama buku bajakan itu gimana? Kalo belum tahu, yuk baca tulisan di bawah ini!

Cara Membedakan Buku Asli dan Bajakan


1. Harga Buku Bajakan Lebih Murah

Biasanya harga buku bajakan jauh lebih murah dari harga aslinya. Jadi, jangan mudah tergiur ya kalo ada yang menjual buku dengan harga miring bangeeet. Usahakan untuk selalu membeli buku di official store-nya atau di toko-toko yang sudah terpercaya ya kawan-kawan. 

2. Kualitas Buku

Nah, ini yang paling kentara! Buku bajakan biasanya menggunakan kertas buram dan tipis. Selain itu, lem perekat kertasnya pun (jilidnya) biasanya tidak rapi dan tidak kokoh. Jadi dapat mengelupas dengan mudah. 

3. Cover Buku Tidak Berkualitas

Kalian sering kan beli buku yang tulisan di cover-nya timbul gitu? Nah, kalo buku bajakan itu kualitas cover-nya gak sebagus itu. Salah satu cara untuk memastikan buku itu bajakan atau bukan adalah dengan meraba cover. Yap, nanti terasa banget bedanya. Cover buku asli biasanya memiliki tekstur khusus. Apalagi nih ya, cover buku bajakan tuh biasanya warnanya burem gitu.

4. Buku Tidak Bersegel

Ciri-ciri lainnya yaitu bukunya biasanya tidak bersegel. Ya, walaupun terkadang ada juga yang menjual buku original tanpa segel dan sebaliknya, tapi tetap waspada ya kawan-kawan.

5. Cek Isi Buku

Ini juga penting banget, karena biasanya buku bajakan dijual tanpa segel, maka kita akan dengan mudah melihat-lihat isinya. Nah, jangan lupa cek halaman-halamannya ya, biasanya buku bajakan tulisannya gak rapi, ada yang terbaliklah, ada yang seolah tintanya tembuslah (bahkan sampe berbayang ke halaman sebelahnya), ada juga yang tintanya gak kebaca sama sekali. 


Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membedakan mana buku asli dan mana buku bajakan. Oh ya, untuk yang sering beli buku via online, agar tidak mudah tertipu ketika membeli buku, jangan lupa poin 1 ya. Selain itu, jangan lupa buat lihat ulasan para pembeli sebelumnya karena biasanya ada buku bajakan yang harganya sama dengan buku asli dan cek juga deskripsi yang penjual tuliskan (kadang ada penjual yang menuliskan di deskripsi produknya bahwa buku yang ia jual bukan buku original). 


Yuk, pilih buku asli!

Kenapa harus beli buku asli? Karena jika kita membeli buku bajakan, selain kualitasnya yang jauh di bawah buku asli, banyak juga pihak yang dirugikan, diantaranya yaitu penulis dan penerbit. Mereka sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik untuk kita lho, masa kita tega membeli buku bajakan? Inget ya, keuntungan dari buku bajakan itu hanya dinikmati oknum-oknum tertentu, sedangkan penulis dan penerbitnya gak dapet apa-apa. Sedih banget kan? 

Jika ada yang asli, kenapa harus yang bajakan?

Yuk, dukung dunia literasi dengan beli buku asli! 


0 Comments