Tulisan Tentang Kebahagiaan

Tulisan Tentang Kebahagiaan

Tulisan Tentang Kebahagiaan

#30DaysWritingChallenge

DAY 9: Write about happiness  


Setelah bolos satu hari, hari ini kembali semangat menulis, kebetulan temanya benar-benar ‘sesuatu’ yang aku butuhkan saat ini. 

Pernah kukatakan, menulis tentang kebahagiaan itu sulit. Sulit sekali. Terlalu banyak hal yang muncul di kepala. Banyak sekali hal-hal kecil yang membuat kita bahagia, salah satunya adalah melihat orang lain bahagia.

Aku bahagia melihat anak kecil bermain dengan teman-temannya, aku bahagia melihat balita yang tak pernah putus asa ketika belajar melangkahkan kakinya, aku bahagia melihat orang lain tersenyum ketika ia menatap layar ponselnya, aku bahagia ketika mendengar orang lain bahagia. Dan masih banyak lagi bahagia-bahagia yang lainnya, yang tak mungkin kutuliskan semua. 

Jadi, apa kamu masih sering berpikir bahwa kebahagiaan sulit didapatkan? 

Sesungguhnya kebahagiaan itu dekat. Bahkan, kukira rasa bahagia adalah sesuatu yang menyatu dalam jiwa. 

Jika ada tanya tentang bagaimana cara untuk bahagia, akan kujawab bahwa dirimu sendiri adalah kuncinya. Bahagia bukan perkara senang dan hura-hura, bahagia adalah ketika kita mampu menerima segala yang ada. 

Siapa yang membuat kita bahagia? 

Kamu tahu jawabnya. Sebab, bahagia adalah perkara sesuatu yang dirimu cipta, bukan orang lain yang memberikannya. Jika orang lain memberimu banyak bahagia, sedang kamu tak mau menerimanya, apakah kamu akan bahagia? Kurasa, tidak. 

Bahagia juga bukan tentang sesuatu yang besar wujudnya, tapi seberapa mampu kita menyadarinya. 

Terkadang, aku merasa bahwa aku tak pernah benar-benar bahagia, tapi ternyata aku salah. Sebetulnya, aku yang jarang menyadari bahwa bahagia selalu ada.

Aku bahagia dengan hal-hal kecil, aku bahagia ketika orang bahagia karenaku. 

Banyak sekali alasan untuk bahagia, bukan?

Lalu, mengapa kita masih lebih sering mengagung-agungkan kesedihan? 

Barangkali, kita sebagai manusia hanya mengingat sesuatu yang singkat, dan kesedihan adalah singkat, sedang bahagia adalah sesuatu yang sebenarnya selalu ada. Lebih mudah mengingat-ingat yang singkat, dibandingkan dengan yang selalu bersama berdampingan. 

Bahagia adalah sesuatu yang tak bisa dengan mudah dijelaskan, tapi kita tahu dengan pasti ketika hal itu kita rasakan. 

Menulis tentang kebahagiaan, mungkin cukup sekian. 

Aku hanya ingin mengatakan bahwa kamu harus merasakan. Rasakan kebahagiaan dengan pelan, dan kamu tak butuh alasan untuk menentang apa yang hatimu coba sampaikan. 

Kebahagiaan. 


0 Comments