Mengenal Bookstagram

 

Mengenal Bookstagram

Bagi kalian pecinta buku, pasti sudah tidak asing lagi mendengar atau membaca istilah bookstagram. Nah, kalian udah tahu belum sih, apa itu bookstagram? Singkatnya, bookstagram adalah akun-akun di instagram yang rutin memposting segala hal yang berkaitan dengan buku. 

Apa saja sih yang biasanya diunggah oleh akun bookstagram itu? Macem-macem. Untuk fotonya sendiri, biasanya para bookstagram itu mengunggah potret buku-buku mereka dan pernak-pernik khas perbukuan, seperti bookmark. Ada juga yang menggunakan properti untuk mempercantik tampilan fotonya. Sementara itu untuk takarirnya (caption), beragam juga, lho. Ada yang menuliskan review buku, ada yang menulis quotes, ada yang curhat tentang masalah hubungan mereka dengan si buku, ada yang berisi buku-buku rekomendasi, dan masih banyak lagi hal lainnya. Pokoknya, bookstagram adalah tempatnya para pecinta buku menyalurkan rasa cintanya. 

Apa aja sih yang diperlukan untuk menjadi bookstagram? Hmmm, niat. Yap, yang paling utama adalah niat, tanpa niat semua itu tidak akan pernah terwujud. Aku sendiri sudah lama tertarik dengan bookstagram, sudah sejak beberapa tahun lalu, hanya saja mulai rutin memposting buku tuh baru beberapa bulan ini. Jujur, aku kaget dan seneng banget waktu balik lagi ke dunia bookstagram dan menemukan banyak akun bookstagram Indonesia baru yang kece-kece. Padahal, dulu tuh bookstagram Indonesia masih sedikit. Jadi nyesel gak mulai dari dulu, wkwk. Eh, sebenarnya aku termasuk bookstagrammer gak sih? Semenjak foto di akunku berubah jadi buku semua, anggap saja aku bookstagrammer ya, wkwk.

Hal utama lainnya adalah buku dan smartphone! Untuk bukunya sendiri, gak harus selalu buku fisik kok, buku digital juga oke. Oh ya, untuk berhemat, kamu juga gak perlu untuk selalu membeli buku terus-menerus, pinjam juga bisa, lho! Dan untuk memotret dan mengunggah bukunya, jangan lupa smartphone, wkwk. Smartphone saja, kamera tidak? Itu semua tergantung kepadamu~ tapi, kalo gak punya kamera, memotret menggunakan smartphone pun tak kalah bagus hasilnya. Aku sendiri juga menggunakan smartphone, kok. 

Apa manfaatnya menjadi seorang bookstagrammer? Banyaaak. Bookstagrammer atau orang-oang yang berada di balik akun bookstagram akan mendapatkan banyak manfaat, lho. Pertama, hobi kita dapat tersalurkan dengan baik. Kedua, akan mendapat banyak sekali informasi tentang dunia perbukuan, termasuk mendapat rekomendasi buku-buku bagus. Ketiga, kita dapat membantu meningkatkan minat baca orang-orang yang mengikuti atau tertarik dengan akun kita (percayalah, virus membaca itu menular~). Keempat, kita bisa mendapat banyak kenalan baru dan tentunya memiliki ketertarikan yang sama terhadap buku-buku, hal itu tentu saja membuat kita akan mudah berdiskusi tentang buku bersama mereka. Dan, masih banyak hal menyenangkan lainnya. Asyik banget, kan?

Kalo kamu tertarik sama dunia bookstagram, yuk segera mulai untuk membangun akunmu! Dijamin, hal ini bisa jadi media hiburan untukmu! Seru banget pokoknya.❤

Untuk mencari insiprasi dalam potret-memotret dan caption-nya, bisa kunjungi akun @bookstagramindonesia di sana banyak sekali foto-foto keren dari teman-teman bookstagram yang juga memiliki caption yang mampu membuat kita tertarik untuk membacanya sampai kata terakhir.

Jangan lupa mampir ke akunku ya, hihi

@deefesef


Itulah sekilas tentang bookstagram, semoga informasi singkat ini bermanfaat, ya. Mohon koreksinya juga jika ada kesalahan. 


0 Comments