Manfaat Menulis yang Wajib Kamu Ketahui

Manfaat Menulis yang Harus Kita Ketahui

Kalo beberapa waktu lalu aku sempat menulis tentang manfaat membaca, kali ini aku akan menulis manfaat menulis. Gak bisa dipungkiri ya, menulis itu menjadi suatu hal yang akrab banget sama kehidupan sehari-hari kita. Pernah gak sih, kamu sehari saja gak menemui tulisan? Gak pernah, kan? Kecuali kalo kamu hidupnya di masa praaksara atau sedang melakukan pengasingan di hutan belantara. 

Apa saja si manfaat menulis itu? Emang menulis itu penting banget? Pertanyaan semacam ini pernah terlintas gak di pikiran kamu? 

Tahu gak sih, menulis itu sangat bermanfaat, terutama bagi kesehatan kita. Wah, kira-kira manfaatnya apa aja, ya? Yuk, simak poin-poin di bawah ini.


1. Meningkatkan Kreativitas

Menulis secara tidak langsung akan membuat tingkat kreativitas kita bertambah, lho. Dengan menulis, kita akan mencari dan menemukan ide. Bukan hanya itu saja, setelah kita mendapatkan ide, maka kita juga dituntut untuk mengolah ide tersebut menjadi sebuah pembahasan yang menarik untuk ditulis. Apalagi terkadang banyak sekali ide-ide baru yang berkaitan dengan topik yang kita bahas bermunculan begitu saja ketika kita sedang mengolah ide awal tersebut. Greget, kan? Topik yang kita bahas jadinya melebar ke sana kemari, sedikit ngawur dan banyak tidak jelasnya (kayak tulisan ini). Nah, disinilah ujian untuk kreativitas kita, karena kita dituntut untuk mengolah kembali ide-ide tersebut menjadi sebuah tulisan utuh. 

2. Tempat Menuangkan Emosi atau Perasaan

Dengan menulis kita dapat menumpahkan segala emosi yang kita rasakan tanpa ada hambatan. Senang, sedih, marah dan berbagai emosi lainnya yang tidak mungkin kita ceritakan kepada orang lain, akan lebih melegakan apabila kita tumpahkan ke dalam tulisan. Kepada kata-kata, kita akan jauh lebih terbuka dan jujur dalam bercerita. Bisa dicoba langsung ketika kamu merasa tidak ada satu pun orang yang mampu diajak berbicara. Tulis semua perasaanmu tanpa ragu. 

3. Memperkuat Daya Ingat

Ketika menulis otak kita pun ikut bekerja, jangan lupa! Bukan tangan saja yang kerja, hehe. Nah, jika otak kita sering digunakan, hal itu akan membuat otak kita terus bekerja dan menerima banyak informasi baru. Dengan begitu, otak akan selalu aktif dan daya ingat pun akan tetap aktif. Hal tersebut dapat mencegah atau mengurangi kepikunan. Salah satu bukti nyata yang aku rasakan dan berkaitan erat dengan hal ini adalah ketika aku menulis materi yang kupelajari, maka materi itu akan kuingat lebih lama, dibandingkan dengan materi yang kubaca saja.

4. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Menulis membuat kita terlatih untuk memilah kata-kata mana saja yang pas untuk menuliskan apa yang kita maksud. Hal itu membuat kita terbiasa untuk berpikir sebelum menulis, tentang bagaimana baiknya topik itu kita sampaikan dan apakah bahasa yang kita gunakan telah sesuai dan mudah dipahami oleh orang lain. Secara tidak langsung, dengan rutin menulis kita jadi seorang pemerhati bahasa. Hal itu membuat kemampuan berbahasa kita jadi lebih meningkat. 

5. Menghasilkan Uang

Nah, menulis tidak hanya untuk sekadar keperluan tugas, hobi, dan bikin caption saja lho. Menulis juga dapat dijadikan suatu profesi. Yap, sudah banyak sekali profesi yang memerlukan keterampilan dalam menulis, misalnya jurnalis, content writer, penulis novel, dan profesi lainnya. Gak cuma buang-buang energi ya, hehe. 


Itulah beberapa manfaat menulis yang harus kita ketahui. Luar biasa, ya? Yuk, mulai sekarang rajin menulis! 


0 Comments