Lebih Baik Buku Fisik atau Buku Digital?

Lebih Baik Buku Fisik atau Buku Digital?

Untuk memperingati Hari Aksara Internasional, aku akan membahas suatu topik yang akhir-akhir ini selalu hangat diperbincangkan. Pastinya topik tersebut berkaitan dengan aksara dan literasi. Kira-kira apa, ya? (padahal di judul sudah ditulis wkwk). 

Yap, tak lain dan tak bukan, topik tersebut adalah perihal pertanyaan tentang lebih baik buku fisik atau buku digital. Seiring berkembangnya zaman, pesatnya perkembangan teknologi tak dapat dihindari. Banyak terobosan baru hadir dengan tujuan untuk membuat kehidupan menjadi lebih efektif dan efisien, salah satunya yaitu dengan adanya perkembangan dari buku fisik (cetak) ke buku digital. Hmmm, jadi kamu tim mana nih? Tim buku fisik, tim buku digital, atau tim dua-duanya? Jangan sampai bukan tim keduanya ya, wkwk. 

Aku sendiri termasuk ke dalam golongan manusia yang nyaman dan suka sekali dengan keduanya. Bagiku, buku fisik maupun buku digital memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jadi menurutku, semuanya hadir dengan porsi yang pas dan saling melengkapi. Setara. Mungkin beberapa dari kalian yang berbeda kubu denganku dan mungkin tidak setuju dengan pernyataanku, itu sah-sah saja. Setiap orang memiliki selera yang berbeda, hehe.

Dari segi kelebihan, buku fisik memiliki aroma khas yang dapat menenangkan pikiran kita dan buku fisik juga bisa dipeluk-peluk. Membaca buku fisik juga lebih mudah fokus. Kelebihan lainnya adalah bisa dikoleksi, lebih estetis dan bisa disumbangkan juga, lho. Sementara itu, kelebihan buku digital adalah mudah dibawa kemana pun kita pergi. Tentunya gak menyita banyak ruang dan lebih ringan dibawa. Biasanya buku digital juga harganya lebih murah dari buku fisik, bahkan ada juga yang bisa kita akses secara gratis, lho. Selain itu, buku digital lebih ramah lingkungan, kawan.

Untuk kekurangannya, buku fisik biasanya harganya lebih mahal, menyita banyak ruang dan gak praktis, serta kurang ramah lingkungan. Sedangkan kekurangan buku digital adalah tidak terlalu nyaman di mata (matanya jadi mudah lelah), tidak bisa dipeluk (ini sih sudah jelas), tidak ada aroma yang bisa dihirup dan ketika membacanya pun terkadang kita agak susah fokus. 

Nah, itulah kelebihan serta kekurangan dari buku fisik dan buku digital. Dua-duanya punya poin plus dan minus tersendiri, kan? 

Sekali lagi, menurutku dua-duanya istimewa dengan segala lebih dan kurangnya.

Menurutmu, gimana? 


0 Comments